Menggunakan Command Prompt

Senin, 26 September 2016

Menggunakan Command Prompt




Dikesempatan ini, penulis akan memberikan beberapa hal yang bisa kita gunakan di CMD/Command Prompt. Pastinya agan-sista jarang atau bahkan mungkin belum pernah menyentuh CMD ini. Dahulu CMD ini merupakan satu-satunya cara untuk mengoperasikan komputer. Dengan tampilannya yang hanya hitam putih dan berupa text, tak heran banyak yang enggan menggunakan CMD. Meski begitu banyak dari agan-sista pasti bergantung pada CMD ini. 

Mari kita ke pokok pembicaraan. Berikut adalah Beberapa hal yang bisa dilakukan di CMD.


Sebelumnya, buka CMD dengan Start+R dan ketikan cmd dan Run. Lebih lengkap mengenai perintah Start+R klik disini.

1. ipconfig
tujuan dari perintah ini adalah untuk mengetahui konfigurasi dari interface/adapter network di komputer anda.

2. CLS atau Clear Screen
Clear Screen ini untuk membersihkan layar CMD

3. Date
Date untuk mengubah tanggal. Kebetulan saat mempraktekkan date di CMD, status User saya hanya Guest. Untuk merubah tanggal status User agan-sista harus Administrator

4. whoami
Untuk mengetahui nama Komputer agan-sista

5. Color
Jenuh dengan warna layar CMD yang hanya Hitam Putih? Agan-sista bisa mengubahnya dengan perintah color ini. Ketikan perintah Color beserta inisial warnya. Jika hanya 1 karakter maka warna text akan berubah, bila 2 karakter maka Background dan Text akan berubah.

6. CD/ dan DIR
CD digunakan untuk masuk ke suatu direktori. Dan CD/ digunakan untuk masuk ke Main Directory/ Direktori Utama. Dan DIR berfungsi untuk melihat isi dari Direktori

7. D:
Untuk masuk ke Partisi lain. Ketikan saja nama dari partisi. Pada umumnya, partisi dari Harddisk dibagi menjadi C: dan D:. Bila anda ada di Partisi C: dan ingin ke Partisi D:, ketikakkan saja D:. Begitu pula sebaliknya.

8. mkdir
mkdir untuk membuat direktori/folder baru. Contohnya penulis membuat direktori "latihan-ayi". Agan-sista dapat menemukannya? Penulisan perintahnya "mkdir latihan-ayi". latihan-ayi merupakan nama dari folder yang akan dibuat.

9. copy con
copy con ini untuk membuat file text (extensi filenya *.txt).
Untuk membuat file text di cmd, ketikan "copy con nama_file.txt" dan tekan enter.
Lalu anda ketikan isi dari file text tersebut. Bila dirasa sudah cukup dan file tersebut ingin disimpan tekan CRTL+Z dan Entar. Perhatikan dimana anda menyimpan file tersebut. Coba buka file tersebut dengan notepad.


Sekian postingan untuk hari ini. Semoga bermanfaat.



Dikutip dari berbagai sumber

0 komentar :

Posting Komentar