Mengatur Lebar dan Tinggi window Command Prompt

Kamis, 05 Januari 2017

Mengatur Lebar dan Tinggi window Command Prompt




Hai guys. Kembali lagi bersama saya.
Pastinya ada diantara kalian yang sehari-hari menggunakan CMD / Command Prompt. Namun sempat kesel kareng windownya yang saat diklik tombol Maximize malah jadi setengah layar. Nah! Disini saya akan berbagi tips supaya CMD kalian bisa Full Screen.

1. Pertama Buka CMD


2. Di bagian windows, klik kanan dan pilih Properties


3. Masuk menu Layout



Anda bisa lihat ada System Buffer Size, Window Size dan Window Position. Kita fokus ke window size. Karena di window size ini lah kita akan bermain. Window size sudah jelas untuk mengatur lebar dan tinggi window. Dan system buffer size itu untuk luas daerah yang bisa dipakai dalam layar cmd. Maksudnya, bila width dan height di bagian system buffer lebih besar dari window size anda bisa scroll kesamping maupun ke bawah. Jika lebih kecil, ya silahkan coba sendiri 😋😋😋😋.

Kita fokus lagi. Di window size, anda bisa lihat nilai defaultnya. widht 70 dan height 58. Untuk ukuran Full Screen bergantung pada resolusi layar anda. Contohnya berikut ini.


Bisa dilihat di window preview untuk pratinjaunya. Dan di window size widht menjadi 170, otomatis system buffer size juga mengikuti menjadi 170. Itu berarti luas daerah yang bisa digunakan sama dengan luas window CMD.


Nah. Diatas adalah setelah setingan window size di konfirmasi atau di klik OK. Bisa dilihat semua daerah bisa digunakan sepenuhnya dari semping maupun dari atas kebawah.

Demikian tips untuk mengatur size window CMD. Anda juga pasti memperhatikan saya menggunakan perintah cd.., dan juga mysql -u root -p.
Untuk 2 topik tersebut akan saya sampaikan dilain waktu. Untuk sekarang cukup itu dulu. Thanks dan tinggalkan Coment ya..


0 komentar :

Posting Komentar